Industri Kecil Butuh Dukungan Nyata

  • 28 Maret 2012
Industri kecil butuh dukungan nyata

Ketua Dewan Direktur Center for Information and Development Studies CIDES Rohmad Hadiwijoyo melihat, sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) telah terbukti mampu bertahan menghadapi krisis dan serbuan waralaba asing yang masuk seiring perjanjian perdagangan bebas. Industri kecil menjadi penopang ekonomi nasional dari hantaman krisis tahun 2008.

Dengan gambaran tersebut, pihaknya melihat perlunya berbagai upaya dan strategi meningkatkan kemampuan dan peran UMKM dalam perekonomian nasional. Pemerintah harus memberikan dukungan yang lebih kuat agar sektor UMKM tetap bertahan. Semisal mengembangkan berbagai pelatihan dan iklim usaha agar UMKM lebih kreatif dan efisien. 

"Sehingga UMKM mampu menghasilkan produk dan jasa yang kompetitif baik di pasar lokal dan internasional. Suku bunga perbankan harus didorong lebih bersahabat dengan UMKM sehingga memberikan stimulus yang besar bagi perkembangan sektor ini," jelas Rohmad di Jakarta, Rabu (28/3). Terlebih, kata Rohmad, rasio kredit macet UMKM berkisar di bawah 5 persen. 

Strategi lain adalah perlunya mengembangkan promosi demi membangun reputasi UMKM yang lebih positif baik di dalam dan luar negeri. UMKM harus dilibatkan dalam pengembangan sektor-sektor yang masuk dalam kategori sunrise business seperti pengembangan energi terbarukan, industri kreatif hingga industri skala kecil berbasis teknologi informasi.

"Dengan kata lain, seluruh jurus dukungan pemerintah yang meliputi 3P yakni policy, politics, dan public opinion harus all out dikembangkan untuk kemajuan sektor UMKM," ungkapnya.

Dia berharap, pemerintah menghapus berbagai kendala serta kebijakan yang tidak pro UMKM atau dunia usaha pada umumnya. Rohmad menyebutkan, kendala tersebut semisal pemberlakuan PP No 24 Tahun 2012 tentang Divest Mandatory di bidang usaha pertambangan. 

Peraturan ini dinilai bisa mematikan usaha kecil dan menengah di sektor pertambangan. "Kita yakin krisis yang diakibatkan oleh kenaikan harga BBM tidak hanya bisa diatasi oleh UMKM kita tetapi juga membuat mereka makin teruji dan kuat," pungkasnya.

  • 28 Maret 2012

Artikel Lainnya

Cari Artikel